Pages

Saturday, February 3, 2018

Tiga Candi yang Wajib dikunjungi di Angkor Archeological Park

Auououoooo, kali ini saya mau sharing tentang Angkor Archeological Park. Kompleks candi yang terletak 5,5 km dari kota Siem Reap ini merupakan ikon dari Negara Kamboja dan masuk dalam situs warisan dunia UNESCO. Harga tiket masuknya untuk satu hari 37 USD, tiga hari 62 USD, dan untuk seminggu 72 USD (sumpaaaah, harganya bikin saya pengen gantung diri, tapi untung harganya ga semahal harga tiket konser tante saya Celine Dion, huhuhu). Dan inget, tiketnya ga bisa dibeli online.

Yang unik adalah di tiket masuknya itu ada foto kita. Yups, jadi dandan atau make – up dulu deh biar pas foto ga malu-maluin. Jangan kaya saya, waktu foto muka masih kucel, belum mandi pula, huhu, maklum saya ke sananya jam 4 pagi (ayam aja masih belum bangun tuh).

Kompleks Angkor Archeological Park ini luassssss dan besaaaar banget (walaupun tidak sebesar rasa cintaku padamu, halah). Ada berbagai cara untuk mengeksplore kawasan candi ini, bisa ikut paket tur, charter tuktuk seharian (harga mulai dari 15 USD), sewa sepeda (sekitaran 1-2 USD), jalan kaki, dan merangkak juga bisa (yang ini tidak disarankan).

Awalnya saya mau sewa sepeda atau jalan kaki aja tapi karna saya takut kecapekan karna masih ada jadwal syuting dan pemotretan akhirnya terpaksa saya..... Merangkak ?? Ga lah, saya charter tuktuk seharga 20 USD include sunrise tour setelah ngotot-ngototan sama pak supir yang awalnya minta 40 USD terus turun jadi 35, 30, 25, 23, dan baru deh doi ngalah sama saya dan deal di penawaran saya yang pertama, 20 USD. (Yayyy, saya menang, wkwk).

Bagi yang tidak punya waktu lama dan hanya punya waktu satu hari untuk menjelajah kompleks Angkor Archeological Park, ada 3 candi yang wajib dikunjungi dan ga boleh dilewatkan, apa saja itu ?

1. Candi Angkor Wat

Di sini semua traveller dari seluruh dunia pada ngumpul pagi-pagi buta udah kayak cendol buat ngeliat sunrise. Saya sendiri seumur-umur belum pernah ngeliat sunrise dimanapun dan ini kali pertama. Woooow, rasanya mengingatkan saya waktu pertemuan pertama dengan mantan terindah saya dulu, Raisa, wkwk. Begitu matahari sudah tinggi baru deh orang-orang mulai mencar dan mengeksplore candi. Waktu pulang saya sempet nyasar, supir saya ada di pintu barat (pintu tempat saya masuk) saya malah ngubek – ngubek dia di pintu timur hampir 1 jam (ya jelas ga bakal nemu lah). Baru ngeh saya nyasar setelah nanya ke petugas, huhuhu.

2. Candi Bayon

Candi ini terkenal dengan reliefnya yang berbentuk wajah (kata orang sih mirip saya). Di sini gada drama-drama nyasarnya dah. Aman dan terkendali karna candinya juga ga begitu besar.

3. Candi Ta Prohm

Ini nih candi yang paling juara menurut saya. Candi ini katanya pernah jadi tempat syuting Angelina Jolie dalam film Tomb Raider (lah, saya aja ga pernah nonton filmnya). Tempatnya penuh dengan hawa - hawa mistis gimana gitu. Waktu pulang saya nyasar lagi, kali ini kebalik. Padahal sopir saya nungguin di pintu keluar (pintu barat) sayanya malah keluar lewat pintu timur (pintu saya masuk tadi). Aaaarghhhh, apa-apaan ini ?

Bagi penyuka sejarah sih kompleks candi-candi ini sangat rekomen banget untuk dikunjungi. Ahhh, seandainya saya ada kesempatan pasti saya akan ke sini lagi dan explore candi-candi yang lain........................

No comments:

Post a Comment