Pages

Wednesday, January 24, 2018

Pengeluaran & Itinerary Malaysia dan Singapura 5 hari 4 Malam

Rasanya baru beberapa bulan yang lalu saya curhat di diary saya yang bergambar hello panda kalo saya pengen banget bisa ke luar negeri dan akhirnya bulan Oktober kemarin bisa terwujud di usia saya yang ke 20 tahun ini (yayyyyy, tepuk tangan dong).

KRIIK KRIIK KRIIK (suara jangkrik lagi melahirkan)......

Sebenarnya agak telat sih mnurut saya. Harusnya dari dulu saya sudah ngebolang ke LN tapi ya mau gimana lagi pengeluaran lagi banyak-banyaknya kemarin apalagi harus bayar kuliah, kos, makan dan lain-lain sendiri. Untungnya akhir-akhir ini saya dikasi kesempatan Tuhan buat nabung.

Travelling pertama saya ke LN ga jauh kok. Di mana lagi kalo bukan Malaysia dan Singapura ? Maunya sih ke yu-es atau ke yurop tapi apa daya dompet tak sampai (hiks, nangis dulu di pojokan). Beberapa minggu sebelumnya saya browsing sana sini tentang tempat wisata, transportasi sampai tempat untuk melupakan mantan semuanya dicatat dan saya pelajarin udah kayak mau ujian nasonal aja.

Saya sih ga ada masalah mau pergi sendiri atau berdua atau berlima atau satu kecamatan. Bagi saya semua ada plus minusnya. Awalnya saya mengajak beberapa teman untuk ikut dan banyak yang tertarik bahkan sampe bikin grup WA segala. Ealah makin hari kok anggotanya makin berkurang, pada ngundurin diri. Ada yang ga dapet izin cuti lah, ga punya duit, nunggu kucingnya melahirkan, bahkan ada yang takut diputusin pacar (alasan macam apa ini coba ?).

Akhirnya anggota grup di WA itu cuma tersisa satu ekor yaitu saya sendiri. Terus mentang-mentang gada temen yang bisa diajak saya ga jadi berangkat gitu ? (emang gue cowok apaan ?). Saya tetap melanjutkan rencana dan mulai menyusun itinenary. Universal Studio Singapore jadi list wajib soalnya saya mau nyobain wahana ekstrem yang ada di sana (padahal waktu ngeliat orang naik kora-kora di dufan aja saya udah kayak sapi yang mau disembelih saking ga kuat ngeliatnya, wkwk).

Rencananya saya akan pergi selama 5 hari 4 malam (namanya juga buruh ga bisa ngebolang lama-lama, huhu). Saya dapat libur karna ada hari raya galungan di bali dan saya kerja sebagai guru di sebuah bimbingan belajar jadi setiap tanggal merah pasti libur (apalagi di bali banyak tanggal merah, wkwk). Saya membeli tiket pesawat Air Asia Denpasar – Kuala Lumpur seharga 668 ribu, Air Asia KL – SIN 220 ribu, Scoot dari Sin – Denpasar 769 (saya belinya 5 hari sebelum berangkat jadi dimaklumi harganya, wkwk).

Untuk penginapan di KL saya memesan hostel satu malam di KL kawasan petaling street seharga 42 ribu, dan di singapura juga satu malam seharga 133 ribu. Katanya 4 malam tapi kok cuma nginap di hostel dua hari ? Hehehe, dua hari sisanya saya akan tidur di hotel tanpa bintang alias di bandara. Sebenernya seling- seling sih hari pertama di bandara, kedua hostel, ketiga bandara, keempat hostel. (hari kelima, keenam dan ketujuh dan seterusnya ? Tanya saja pada sapi yang bergoyang).

Saya juga memesan tiket USS seharga 680 rb. Jadi semua tiket pesawat, hostel, dan USS sudah saya beli semua di Indonesia via Tr*velo*a. Beres deh. Saya bawa sangu 200 an Ringgit, 90 SGD, dan 500 rb rupiah. Menurut saya duit yang dibawa terlalu banyak karna toh saya udah pesen tiket pesawat dan penginapan. Saya cuma takut kena random check aja. Kalo sampe ga boleh masuk negara orang gara-gara ga punya duit cukup ya mampus saya apalagi udah beli tiket USS. Saya juga menghindari jalur darat dari Malaysia ke Singapura karna alasan ini. (Pokoknya saya harus ke USS, titik ! ga pake puspa).

Bawaan apa saja yang saya bawa ? Gada bedanya sih dengan kalo saya travelling dalam negeri. Saya cuma bawa satu tas ransel aja yang kayak punya dora the explorer dan isinya paling cuma baju atau celana dua sampe tiga pasang, gembok, handuk, charger hp, komik/novel, tempat minum, plus sarung/selimut karna saya bakal nginep di bandara yang superdingin. Saya paling anti bawa koper apalagi kalo jalan-jalan sambil tenteng-tenteng gitu (udah kayak peserta Academy Fantasi Indosiar yang mau tereliminasi aja) dan males harus keluar duit lagi buat bayar loker.

Pengeluaran dan itinerary :

Day 1 = naik gojek dari kos ke bandara ngurah rai bayar 22 ribu, sampai di KL malam jam 10 dan ga beli apa-apa, nyari spot tidur di bandara KLIA 2 dan pura-pura tidur (karena ga bisa tidur). Duh saya sampe sirik banget sama orang yang tidur di samping saya kok bisa ya tidur nyenyak bahkan sampe ngorok segala ? Kezel deh. Jadi total pengeluaran hari pertama hanya 22 ribu....

Day 2

- naik aerobus ke KL sentral (12 RM)

- Makan di KL sentral (4,9 RM)

- naik komuter ke batu caves (2,6 RM)

- komuter balik ke KL (2,8 RM)

- toilet (30 sen)

- central market / pasar seni

- minum teh Thailand /milk tea (5 RM), dapat diskon 2 RM padahal harga aslinya 7 RM, mungkin mbaknya kasian liat muka saya yang memelas, huhu.

- Dataran merdeka

- KL city gallery (10 RM), 5 RM nya bisa ditukar dengan makanan, minuman, atau souvenir dan saya milih tukar dengan milo anget (rasanya enak banget euyy)

- Bukit bintang

- Jalan alor

- Petronas Twin Tower..........Saya jalan kaki dari hostel saya di petaling menelusuri dataran merdeka, bukit bintang, jalan alor sampai ke sini karna pengen nyobain sensasinya. Pake acara nyasar dan muter-muter segala lagi gara – gara map saya salah nunjukkin jalan dan saya orangnya sangat disoriented. Sampe sini kaki saya langsung gempor karna ternyata jauuuuuuuuuh banget.

- Makan nasi lemak di Suria KLCC (6,9 RM)

- Air (5 RM)

- colgate (5 RM)

- MRT dari KLCC ke Pasar seni (2,1 RM)

- tidur di hostel

Jadi total pengeluaran hari kedua = 56,6 RM

Day 3

- beli gantungan Kunci di jalan petaling (6 RM) dan dapet 6 biji

- MRT ke KL Sentral (3,8 RM)

- KLIA Transit ke Putrajaya Sentral (14 RM)

- Makan mie goreng di Putrajaya Sentral, malamnya saya ga makan lagi (2,5 RM)

- Bus Nadi Putra ke Putrajaya (1 RM), harusnya hanya 50 sen tapi saya ga punya duit pas jadi terpaksa saya merelakan uang 1 ringgit saya (sok banyak duit ceritanya, wkwk)

- Keliling Putrajaya jalan kaki

- Bus dari Putrajaya kembali ke terminal/sentral (50 sen), ada ibu baik hati yang menukarkan uang 1 ringgit saya ke pecahan sen (Yayyy, saya ga jadi rugi 50 sen lagi, merdeka !!!)

- nongkrong ga jelas di Putrajaya sentral sampe jam 10 malem

- naik KLIA transit ke bandara KLIA 2

- pura-pura tidur lagi di bandara

Jadi total pengeluaran hari ke 3 = 37,2 RM

Day 4

- Flight dari KL ke sg, bayangin flightnya jam 6 pagi cuyyy, check in-nya dari jam 3 subuh ngalahin bangunnya ayam. Saya udah berasa kayak zombie aja gara-gara ga bisa tidur

- MRT dari changi ke Raffles Place / merlion park (2,5 SGD)

- Snack & water (4,3 SGD)

- MRT ke Bayfront / garden by the bay (90 sen)

- Marina bay sand

- MRT ke Harbourfront (3,3 SGD)

- Jalan kaki dari vivo city ke pulau sentosa lewat boardwalk

- Masuk ke USS (yayyy, kesampean juga)

- beli es krim di USS (4 SGD)

- Keliling-keliling pulau sentosa

- Balik ke vivo city

- MRT ke Clarke Quay (3 SGD)

- Makan nasi goreng dan minum milo di restoran india (6,5 SGD)

- tidur di hostel, di malam terakhir ini baru saya bener-bener nyenyak tidurnya dan ga pura-pura tidur lagi, hoaaahm

Total pengeluaran hari ke 4 = 24, 5 SGD

Day 5

- MRT ke Little India = 1,5 SGD

- MRT ke Chinatown = 1,4 SGD

- MRT ke changi = 2,3 SGD

- flight ke bali jam 3 sore

- makan malam di warung dekat bandara ngurah rai (33 rb rupiah)

- jalan kaki dari bandara ke halte sarbagita di tuban (kurang lebih 4 sampe 5 km)

- naik sarbagita ke sanglah (2500 rupiah)

- jalan kaki ke kost

total pengeluaran hari ke 5 = 5,2 SGD + 35.500 rupiah

Jadi setelah dihitung-hitung total pengeluaran saya all in termasuk tiket pesawat, penginapan, makan, transportasi, oleh-oleh, tiket masuk USS, dan semuanya sampai di kos saya kembali kurang lebih 3,1 juta rupiah. Kalo dibilang mahal ya mahal namanya juga bayar pake duit sendiri (kalo dibayarin ya ga mahal, wkwk). Yang penting perjalanan saya berakhir dengan lancar, sebelum berangkat sih udah khawatir ini itu padahal setelah dilalui ternyata dimudahkan sama Tuhan perjalanannya. Bener-bener bersyukur banger dah.

Ayok deh bagi temen- temen yang punya mimpi sama seperti saya tapi belum kesampean, yakin pasti bisa suatu saat nanti. Saya aja yang bekerja sambil kuliah, ngekos, dan makan dengan uang hasil keringat sendiri masih bisa jalan-jalan kok, tetap semangat menabung. Dream, Believe, and make it happen. God bless you all !!

15 comments:

  1. Mas thanks for share yaa. Lusa mau ke KL hehe. Kocak amat sih nulisnya hehe. Gokil haha! Sharing terus yaaa

    ReplyDelete
  2. I found this is an informative and interesting post so i think so it is very useful and knowledgeable. I would like to thank you for the efforts you have made in writing this article.payfile

    ReplyDelete
  3. https://hasilbola.vip/prediksi-sepakbola/baca/4410/slutsk-vs-belshina-26-april-2020

    Prediksi Bola Slutsk vs Belshina 26 April 2020

    Prediksi Sepakbola yang akan membagikan beberapa tips jitu.
    Ya pastinya akurat 99%, yuk di follow situs prediksi sepakbola https://hasilbola.vip

    ReplyDelete
  4. KINGDOMGROUP SITUS BETTING ONLINE TERBESAR DAN TERPERCAYA
    ʟᴏᴍʙᴀ ʀᴀᴛᴜsᴀɴ ᴊᴜᴛᴀ!!!

    LINK DAFTAR : https://kingdom899.wixsite.com/linkbaru

    PREDIKSI SILAKAN DI KLIK: : https://v.gd/3pp3Ff

    ᴍɪɴ ʙᴇᴛ : 100 ʀᴜᴘɪᴀʜ
    𝚃𝚘𝚝𝚊𝚕 𝟷𝟶𝟸 𝙿𝚊𝚜𝚊𝚛𝚊𝚗
    ♥️ Pasaran Populer ♥️
    💢sɪɴɢᴀᴘᴏʀᴇ
    💢ʜᴏɴɢᴋᴏɴɢ
    💢sʏᴅɴᴇʏ
    💢ʙᴜʟʟsᴇʏᴇ
    💢ᴄᴀʀᴏʟɪɴᴀᴅᴀʏ
    💢ᴍᴀɢɴᴜᴍ4ᴅ
    💢ᴘᴄsᴏ
    💢ғʟᴏʀɪᴅᴀ
    💢ɴᴇᴡʏᴏʀᴋ
    💢ᴏʀᴇɢᴏɴ
    💢ᴄᴀʟɪғᴏʀɴɪᴀ
    TERSEDIAH 8 GAME TERFAVORIT :
    💢 SPADE GAMING ( TERBARU 🔥🔥 ) CASHBACK 10%
    - SPADEGAMING SLOT
    - SPADEGAMING FISHING HUNTER
    - SPADEGAMING VIRTUAL GAMES
    💢 SBOBET (NEW GAME)
    💢 QUEENMAKER SLOT
    💢 SEXY GAMES (BACCARAT DENGAN PENAMPILAN SEXY)
    💢 PRAMATIC LIVE
    💢 JOKER
    💢 IDN PLAY
    💢 PRAMATIC SLOT
    💢 HABANERO SLOT
    💢 TEMBAK IKAN
    UNTUK SEMUA GAME SLOT CASH BACK 10% (DARI KEKALAHAN MINIMAL 200RB) DAN UNTUK IDNLIVE CASH BACK 10% ( DARI KEKALAHAN MINIMAL 1JT) DI BAGI SETIAP HARI SENIN

    LINK GRUP LOMBA BERHADIAH : https://www.facebook.com/groups/Kingdom.Offficial88

    ReplyDelete
  5. MURAHQQ adalah situs permainan kartu Online terlengkap aman dan terpercaya dengan server kualitas terbaik dan tercepat tanpa admin ataupun robot yang ikut bermain serta bonus kemenangan nyata ratusan juta

    ReplyDelete