Pages

Saturday, February 3, 2018

Ngacir ke Nusa Penida

Auououououoooo. Kali ini mau share tentang pengalaman saya solo travelling ke Nusa Penida tanggal 19 Agustus 2017 kemarin. Bisa dibilang saya telat banget baru nyadar ada pulau sebagus dan sekeren ini padahal udah lama banget hidup di Bali (huhuhu, maafkan daku, Nusa Penida).

Mengapa ke Nusa Penida ? Ceritanya bermula saat kakak saya posting liburannya ke Nusa Penida di Instagram dan saya langsung jatuh cinta. Iya jatuh cinta sama Nusa Penida (dan sama cewek cantik yang ikutan foto di samping kakak saya, halah). Langsung deh saya cari info segala macam tentang Nusa Penida (dan juga si cewek cantik ini).

Bagaimana cara menuju ke Nusa Penida ? Buanyaaaak..... Yang pertama bisa naik Kapal Roro Nusa Jaya Abadi dari Pelabuhan Padang Bai Kabupaten Karangasem (untuk yang membawa kendaraan atau barang dalam jumlah banyak), yang kedua bisa naik kapal tradisional dari Pelabuhan Kusamba, yang ketiga bisa naik fast boat atau public boat dari pantai sanur, yang keempat bisa naik cruise dari Pelabuhan Benoa. Atau kalau mau yang ekstrim berenang juga boleh, wkwkwk.

Saya pilih yang mana ? Pastinya opsi yang ketiga. Karena saya tinggal di Denpasar dan otomatis deket sama Pantai Sanur jadi saya memutuskan naik fast boat aja. Harganya untuk KTP Bali rata-rata 75 ribu one way, kalo luar Bali bisa sampe 100 ribu one way. Lama perjalanan sekitar 30 – 45 menit. Biasanya fast boat akan mendarat (pesawat kali ah) di Pelabuhan Toya Pakeh, tapi ada juga yang ke Pelabuhan Sampalan.

Sempat ada drama waktu beli tiket karna waktu itu bertepatan dengan hari raya Saraswati dan saya belinya on the spot jadi berkali-kali saya tanya ke semua operator dan ternyata full semua (huhuhu, mau nangis rasanya waktu itu). Giliran ada yang kosong langsung pada diserobot dan saya pasti kalah (dasar lemah, dasar payah). Tapi akhirnya dapet juga tiket setelah berjuang setengah hidup karena waktu itu ada beberapa tamu yang cancel (yayyy).

Perjalanan dengan fast boat pun dimulai. Ombaknya cuyyy kagak nahan. Berasa naik bajai (padahal ga pernah naik bajai). Gronjal granjul gitu deh pokonya. Saya sampe waswas takut boatnya tenggelam waktu ngeliat ombaknya gede banget bahkan hampir masuk ke jendela. Apalagi saya ga bisa berenang, wadaaaaw.

Sampailah saya di Nusa Penida setelah berkali-kali megangin jantung saya (hoho, untung masih ada). Saya mengecek HP. Internet saya ga ada sinyal. Bingunglah saya harus ke mana. Saya nekat aja akhirnya jalan lurus terus sambil nanya ke orang di mana arah ke Sakti (karena tempat saya menginap di daerah situ).

Saya berjalan terus makin jauh. Huhuhu, jujur saja, saya ini sangat suka berjalan kaki dari dulu. Saya bahkan pernah jalan kaki sampe 20 km lebih. Tapi baru kali ini saya bener-bener capeeeeeek banget padahal saya jalan belum sampe 3 km. Mungkin karna jalannya yang menanjak dan naik turun dan satu lagi yang saya baru sadar. SAYA BELUM MAKAN DARI PAGI. Kalo makan angin sih udah.

Yuhuuu,, singkat cerita (padahal udah panjang banget), saya sampe juga di Penginapan. Namanya Krisna Guest House. Ada drama lagi di sini. Kata mbak resepsionisnya kamar standard fan yang saya pesan via Tr*v*l*k* sudah full. Yang sisa cuma kamar privat AC dan kalo mau saya harus nambah 100 ribu lagi. Weleh, mana saya mau. Akhirnya karna ngerasa ga enak si mbak cantik ini ngalah dan saya hanya perlu nambahin 50 ribu aja. (yayyy, kapan lagi dapet kamar AC).

Lalu bagaimana saya explore pulau ini ? Awalnya saya mau sewa motor (rata-rata 50 ribu sampe 125 ribu per hari), tapi tiba – tiba datanglah si pemilik Guest House. Doi nawarin diri nganterin saya ke empat tempat wisata di Nusa Penida dengan motornya cukup membayar 250 ribu. Hmmm, boleh juga nih. Saya ga perlu repot-repot mikirin arah, ga bakal nyasar (ini penyakit saya yang paling akut), resiko kecelakaan minim, dapet guide, dapet tukang foto-foto pula (ini nih yang paling penting, wakakak). Oke deh, deaaaaal.....

Tempat wisata yang kami kunjungi pertama Kelingking Beach. W-O-W,, saya cuma bisa mangap melihat keindahan pantai ini terutama karangnya yang berbentuk kayak jari kelingking. Dan ternyata untuk bisa ke pantai yang ada di bawah kita harus melalui ratusan anak tangga. Jangan bayangkan tangga yang bersemen rapi apalagi tangga berlapis emas, yang ada adalah undak-undakan tanah dengan batang ranting sebagai penopang di kanan kiri, dengan jumlah kelokan yang bukan main banyaknya. Perjalanan ke surga di bawah ini ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam.

Ketika ditawarin sama doi untuk turun saya mah ok ok aja. Saya pikir mah kecil, udah biasa jalan kaki jugaan. Ealahh ternyata, suuusaaaahnya minta ampun (ternyata masih lebih gampang lari dari kenyataan). Saya berkali-kali hampir jatuh dan terpeleset padahal kanan dan kiri saya jurang. Doi berkali-kali ngomong “pelan pelan” ke saya dan bahkan tas saya dia yang gendongin (malu deh saya). Doi lincah banget turunnya padahal dia udah umur 50 tahun. Sedangkan saya ? Huhuhu, bisa stabil jalan satu dua langkah aja udah syukur banget.

Setelah satu jam menuruni tangga sampailah saya di pantai yang ada di bawah. Yang ada di sana cuma enam orang termasuk kami berdua. Ya iyalah buat sampe ke sini aja perjuangannya gila-gilaan banget. Setelah setengah jam leyeh-leyeh naiklah lagi kami ke atas. What ? Cepet banget. Maklum orang sibuk ga bisa lama-lama (halah).

Huhuhu, ngebayangin naik ke atas lagi dan harus naik tangga mimpi buruk itu udah bikin saya mual. Tapi di luar dugaan ternyata naik justru lebih gampang daripada turunnya. Sayangnya............. Tiba-tiba di pertengahan jalan mata saya berkunang-kunang, rasanya saya udah mau terjun bebas dari ketinggian. Saya bener-bener kecapekan karena dari pelabuhan ke penginapan tadi jalan kaki dan sekarang malah mendaki sampe hampir 2 jam. Apalagi saya belum makan sama sekali (salah siapa coba ? wkwkwk).

Akhirnya saya istirahat sebentar dulu baru jalan lagi. Jalan sebentar, istirahat lagi, jalan lagi, tidur lagi, bangun lagi (halah). Biarin deh lama nyampenya yang penting selamat, wkwkwk. Puji Tuhan, sampe juga di atas setelah terluntang-lantung dari tadi. Hohoho, rasanya kayak habis lulus Ujian Nasional puasnya bukan maiiin.

Lalu perjalanan selanjutnya ke Angel Billabong dan Broken Beach. Dua tempat wisata ini ada dalam satu kawasan yang berdekatan. Di sini akhirnya saya makan siang sekaligus sarapan biar ga semaput lagi. Puas foto-foto baru lanjut ke tempat wisata terakhir, Crystal Bay Beach. Baru deh habis itu pulang ke Guest House (horeeee).

Di penginapan saya berasa kayak tamu kehormatan. Saya dikasi buah segambreng lah, dikasi mie goreng sama telur, dikasi air mineral 1,5 liter, dikasi snack, pokoknya baik banget lah mereka sama saya (mungkin karna muka saya emang memelas, huhuhu). Jadi saya sama sekali ga ngelusarin uang sepeserpun untuk makan. Bahkan besok paginya saya dianter ke pelabuhan tanpa perlu bayar lagi dan dikasi banyak buah untuk dibawa pulang (mantap euyy).

Jadi berapa total pengeluaran saya di Nusa Penida selama 2 hari 1 malam ? Mari kita hitung.............

1. Penginapan 1 malam di Krisna Guest House = 190.000 (harga aslinya hampir 300 ribu)

2. Air = 4500

3. Fast Boat PP = 150.000

4. Tiket masuk Angel Billabong dan Broken Beach = 5000

5. Guide + ojek + fotografer = 250.000

Jadi total pengeluaran saya 599.500. Pastinya bisa lebih murah kalo sewa motor saja atau bawa motor sendiri. Dan akan lebih murah kalo tidur di hostel atau di rumah teman/keluarga. Semua tergantung pilihan kita. Lalu apa ada rencana ke Nusa Penida lagi ? Pastinya ada. Habisnya belum semua daerah saya jelajahi karena keterbatasan waktu (sok sibuk ceritanya).

Catatan yang perlu diingat :

1. Mencari sinyal internet atau sinyal hp di sini sangat susah, tapi kalo nyari jodoh banyak sih, wkwk.

2. Sediakan uang cash secukupnya karena susah cari ATM. Saya sendiri bawa uang 1 juta untuk jaga-jaga dan pulangnya masih sisa banyak.

3. Jalanan di Nusa Penida gronjal granjul, naik turun, berliku-liku, pokoknya medannya berat banget (tapi masih lebih berat melupakan kamu sih, #plakk)

4. Nusa Penida relatif sepi beda dengan Bali pada umumnya (Kuta, Sanur, dan lain-lain). Jam 8 malam aja di jalanan udah sepi banget. Lumayan bisa santai dan melepaskan penat dari hiruk pikuk kebisingan dunia (apaan si ?)

Apa lagi ya ? Itu aja deh dulu. Hohoho. So, kapan giliran kamu ke sini ?

Nb : Pulangnya saya sampe kejang-kejang karna ombaknya jauuuuh lebih gede dan ganas daripada waktu berangkat (tapi saya pura – pura sok kalem dan jaim). Airnya sampe masuk ke jendela (iya, bener-bener masuk). Bahkan tinggi ombaknya melebihi tinggi fast boat. Hohoho, untung aja sampai Sanur dengan selamat.....

No comments:

Post a Comment