Pages

Thursday, January 25, 2018

Pengalaman Pertama Naik Bus Malam Sendiri

Ketika ditanya orang sejak kapan suka travelling saya akan selalu menjawab “Sejak dari kandungan nyokap kali ya ?”. Senang banget rasanya kalo udah jalan-jalan. Bahkan nontonin orang lalu lalang bawa koper di bandara atau terminal saja saya seneng berasa kayak saya yang pergi (tapi sambil mewek berharap ada yang ngajakin, hikss).

Saya makin cinta travelling waktu saya kelas 1 SMP. Waktu itu saya tinggal di rumah om saya di Jogja dan sekolah di sana. Pas liburan semester saya memutuskan dengan nekat, saya ingin naik bus sendiri ke rumah ortu saya di Denpasar, TITIK (gak pake puspa).

Om saya bengong dong ngeliat bocah masih seumur upil kayak saya ngomong begitu. Dia melototin saya dari ujung rambut sampe ujung kaki kayak lagi ngeliatin teroris. Dia mulai pidato...

“Kamu itu godain cewek aja masih remidi udah gaya-gayaan mau pergi sendiri, bla bla bla cang cing cung cuih cuih”

Tapi saya ga nyerah. Hampir tiap hari saya memakai jurus yang beda-beda mulai dari jurus ngambek sambil kayang, jurus seribu rayuan maut sampe jurus diam diam merayap dan akhirnya om saya mengizinkan dengan syarat saya harus ditemani bodyguard dalam perjalanan dari rumah om saya di Kulonprogo ke Terminal Giwangan di kota Yogyanya (kurang lebih 30 km). Widih udah berasa kayak Pangeran Charles aja saya ditemani bodyguard tapi bedanya bodyguard saya adalah tante dan juga 3 sepupu saya yang masih kecil-kecil dan lucu kayak marmut.

Sampailah saya di terminal Giwangan dengan para bodyguard saya. Saya sih ga deg-degan karna saya pertama kali naik bus sendiri dari kelas 5 SD. Saya waktu itu tinggal di panti Asuhan yang jaraknya 150 km dari rumah saya dan kalo liburan ya pulang sendiri naik bus. Jadi ini seperti naik level aja gitu. Tapi dasar emak-emak rempong ya tante saya terus aja ngomelin kenekatan saya ini.

Bus pun datang. Saya naik bus yang berbeda dengan yang saya biasa naikin dengan keluarga kalo ke Jogja. Harganya juga lebih murah. Kami mulai pelukan dan para bodyguard saya nangis semua. Duh, padahal saya cuma seminggu di Bali kayak udah mau pisah selamanya aja. Saya masuk bus dan baca-baca buku yang saya bawa di dalam.

Di belakang saya duduk dua orang pria yang wajahnya agak sangar. Salah satu dari mereka tiba-tiba memanggil saya..

Orang 1 : “Dek, tukar tempat duduk yuk. Saya sama temen saya di depan kamu ke belakang”

Saya : “Ga deh”

Mampus, dengan polosnya saya ngomong gitu. Nyari perkara banget ga sih tuh. Duh udah berasa kayak film horor aja sedangkan perjalanan ini memakan waktu sampe 15 jam-an itupun kalo lancar dan saya sudah bikin masalah.

Setengah jam kemudian bus pun jalan. Eh orang yang tadi tiba-tiba maju ke depan dan duduk di samping saya karna tempat duduk di sebelah saya masih kosong. Alamat dah nih pasti dia kesel sama saya karna ga mau tukeran tempat. Saya yang ngerasa ga enak mulai SKSD deh ngajak kenalan nanya asal dari mana, kerja di mana, punya mantan atau ngga, dan punya hutang berapa (kalo punya hutang sih maunya saya ajakin ke acara mikrofon pelunas hutang di Indosiar, wkwk)

Snack mulai dibagikan. Wewww, ga sabar dong pengen buka apalagi anak umur segitu kalo udah pembagian snack pasti ngiler. Dan..... Isinya cuma satu roti sama aqua gelas. Saya pelototin snack mas di sebelah saya (sebut saja mas perak). Weleh weleh isinya roti, kacang, better sama teh kotak. Kok beda ? Saya yang ga terima cuma bisa memandang iri sama mas perak sambil terus ngeliatin kotak snack yang dia bawa.

Mas perak kayaknya ga ngeh kalo saya dari tadi ngeliatin dia eh kotak yang dia pegang dengan pandangan mesra. Tapi akhirnya dia sadar juga dan memandang balik saya dengan tatapan lebih mesra ( gak ding, jijik ah, skip skip skip).

Mas perak : “Ada apa dek ?”

Saya : “Emmm gapapa. Itu kotaknya bagus mas. Snacknya enak tuh pasti.”

Mas Perak : “Maksudnya ?”

Saya : “hehehe. (sengaja membuka kotak lebar-lebar biar kelihatan)

Mas perak : “Loh, kok isinya bisa beda ya ?

Saya : “Iya. Karna kita berbeda untuk saling melengkapi.

Gak lah. Ga mungkin saya ngomong gitu. Karna mas perak kasian ngeliat muka saya yang kelaperan akhirnya dia nawarin nuker kotak snacknya sama saya.

Mas perak : “Kamu mau tuker kotak sama saya ?”

Saya : “Ga deh mas.”

Mas perak : “Kok ga mau ?”

Saya : “Saya kan ga mau kotaknya. Saya mau isinya aja.”

Mas perak : “Ya maksud saya juga gitu. Tuker kotak ya sama isinya.”

Saya : “Oooo”

Acara tukar kotak berjalan lancar. Ga nyangka justru orang yang saya takutin tadi malah jadi teman baik saya di perjalanan. Saya juga kenalan saya temennya mas perak yang duduk di belakang sebut saja si mas berlian. Mereka shock setelah tau saya pergi sendiri. Weleh weleh jangan pernah remehin anak kecil ya ? wkwk.

Selain itu ada banyak hal absurd lain selama saya di perjalanan. Saya sempet terkunci di toilet karna pintunya agak rusak, sopir busnya salah jalan dan bahkan nanya arah sama orang (parah ga tuh ?), dan pengalaman absurd lain. Syukurnya saya sampai Denpasar dengan selamat.

Sejak itu saya sering bolak-balik jogja Denpasar sendiri kalo liburan sekolah dan saya makin jatuh cinta sama travelling. Sampe saat ini pun setiap saya libur kerja dan kuliah selalu menyempatkan diri untuk ngebolang ke dalam atau ke luar negeri. Ya, travelling mengajarkan saya banyak hal dan saya tidak akan pernah kapok untuk terus travelling........

1 comment: