Pages

Saturday, February 3, 2018

(Ceritanya Terlantar) Naik Sleeper Bus

Auououoooo...... Teman – teman di sini pernah ga ngalamin kejadian yang kurang menyenangkan waktu travelling ? Pasti pernah dong ya. Namanya juga hidup, pasti penuh liku – liku, ada suka ada duka, semua insan pasti pernah merasakannnyaaaaaa (halah, malah dangdutan).,......

Jadi ceritanya saya beli tiket bus di Hostel seharga 17 USD untuk jurusan Siem Reap – Ho Chi Minh. Nama busnya Olympic Express Limousine Bus. Emang dasar otak ngirit ye baru dapet harga murah udah main asal beli aja. Saya mikirnya sih paling harganya murah karna ga dapet snack, air, wifi atau kolam renang pribadi gitu di bus jadi saya mah oke-oke aja (tapi kalo beneran dapet sih saya ga bakal nolak, wkwk).

Jam 10 malam saya dijemput di hostel dengan mini bus. Kemudian bus ini muter-muter jemput penumpang yang lain (muka penumpangnya serem-serem euyy, kayaknya muka saya aja yang paling alim dan imut, halah). Yuhuuuuu jam 11 sampailah kami di terminal tempat bus yang sebenarnya menunggu.

Begitu saya masuk,,, waaaaaaauuuw, saya terpana. Saya pikir busnya biasa aja gitu ternyata ini sleeper bus cuyyy. Lumayan lah bisa buat istirahat apalagi saya ga pernah naik bus beginian (ndeso dikit gapapa lah). Satu tempat tidur diisi oleh dua orang. Saya tidur di samping abang asal Beijing (huhuhu, padahal ngarepnya sama cewek cantik). Tapi tenang, walaupun tidur sama si Abang,, aku masih setia kok sama kamu (#plakkk)....

Sleeper bus biasanya cuma mengantar sampe ke Phnom Penh (Ibukota Kamboja) saja. Setelah itu dari Phnom Penh ke Ho Chi Minh ganti ke bus biasa (tapi ga perlu bayar lagi). Ini bakal jadi perjalanan yang seru nih. Sebelum bobok ganteng saya curhat-curhatan dulu sama si Abang (cieee cieeee). Baru deh saya tiduuuuur. Groooooooook,,,, (nyenyak banget)................

TOK TOK TOK TOK TOOOOOK...... Pintu bus digedor dari luar. Saya ngeliat jam. Lah ini baru jam 2 dinihari. Udah sampe ya ? Kok cepet banget ? Atau sekarang waktunya makan malam ??? (ngarep.com). Wedeeeew, padahal tadi lagi mimpi indah hanimun sama Raisa, huhuhu.

Begitu saya cek keluar ternyata para penumpang harus pindah ke bus yang ada di depan. Langsung deh semua pada heboh kemas-kemas. Saya masih berusaha ngumpulin nyawa dulu yang masih kececer. Duuuh, mimpi yang tadi juga ga bisa diulang lagi. Setelah semua beres masuklah kami semua ke dalam bus yang ada di depan.

Makin masuk ke dalam semakin jauh ngikutin yang lain dan.......... DEGGGGG. Sleeper bus ini sudah penuh. Orang di depan saya udah ga bisa maju lagi. Lohhh, ini serius ??? Mulut saya cuma bisa menganga lebar kayak ikan louhan. Kami semua terjebak dalam lorong sleeper bus yang udah penuh. Jangan bayangin lorongnya luas gitu ye, untuk bisa keluar aja orang yang paling depan harus keluar dulu jadi ga bisa ganti-gantian jalan.

Tuuut Tuuuut Tuuuuut, bus pun mulai jalan lagi. Ya, ini baru jam 2, sedangkan perjalanan ke Phnom Penh masih 300 km lebih. Saya yang udah males ngeluh dan berkomentar langsung dengan cueknya duduk di lorong itu sambil maen Angry Bird di HP. Saya cuma bisa bersyukur aja, setidaknya saya selamat dan ga dicemplungin ke kolam buaya atau dijual ke Apotek terdekat. Yang lainnya cuma bisa terpana melihat saya sambil tetep berdiri. Belum pernah ngeliat artis ye ?? wkwk.

Saya cuma bisa nelen air hujan ngeliat penumpang lain pada lomba dengkur-dengkuran (sumpah keras banget bunyinya, apalagi aki-aki yang tidur di depan saya). Waktu rasanya lamaaaaaa bangeeeet. Dua jam kemudian baru deh penumpang lain yang bernasib sama kayak saya ikut-ikutan lesehan di bawah satu persatu. Lah, baru nyadar sekarang. Udah pada capek berdiri ya Mbak / Mas ? Wkkkwkwk.

Bus sampe di Phnom Penh jam 6 Pagi. Rasanya legaaaaa banget. Langsung deh saya cus keluar sambil jalan sempoyongan gara-gara kurang tidur. Lagi-lagi saya cuma bisa bersyukur sama Tuhan karna udah sampe Phnom Penh dengan selamat. Di Phnom Penh para penumpang diantar dengan tuktuk ke tempat menunggu bus yang akan berangkat ke Ho Chi Minh......

Pesan Moral + Tips :

1. Biar ga kena supertrap kayak saya, kalo mau naik bus dari Siem Reap ke Ho Chi Minh bisa naik Giant Ibis atau Mekong Express atau lainnya yang recommended. Tiket bisa dibeli online atau on the spot.

2. Selalu berpikir positif apapun yang terjadi ketika travelling. Kalo ada masalah datang bersyukur aja, hadapi semua dengan tersenyum. Nanti pasti semua akan terlewati. Selalu ada pelangi sehabis hujan (#sokbijakceritanya).

3. Jangan pernah kapok travelling. Ga semua orang lo bisa dapet kesempatan buat jalan-jalan kayak kita.

4. Kalo lagi ada masalah inget aja muka saya, dijamin.............. Bakal makin pusing, wkwk.

5. Udah deh gitu aja, Bhay........

No comments:

Post a Comment