Pages

Saturday, February 3, 2018

Mencari Inspirasi di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan

Auououououoooo, kali ini saya mau share pengalaman ke Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan tanggal 11 November kemarin. Sebenernya waktu itu saya lagi ga mood ke mana-mana dan lagi bokek juga (maklum anak kos, huhuhu). Tapi kok ya setelah dipikir-pikir masak libur tiga hari cuma mendekam di kandang (baca : kos) dan main petak umpet sama kucing saya ? Nooooooooooo.

Mulailah saya panik mencari inspirasi (cielaaaah) tempat yang bisa saya kunjungin tapi ga menguras dompet saya yang udah bolong-bolong ini. Tiba-tiba saya jadi ingat sama satu pulau. Ahaaa, kenapa ga main ke Nusa Lembongan aja ??? Kan deket, ga usah naik pesawat pulak tinggal nyeberang pulau aja. Langsung deh saya cap cis cus cari penginapan yang murah meriah (dan ternyata gada yang murah, huhuhu). Pilihan saya jatuh ke Lembongan Hostel seharga 148 ribu per malam (karna itu yang paling murah).

Untuk mencapai Nusa Lembongan ada beberapa pilihan, yang pertama naik Public boat dari Pantai Sanur, yang kedua naik Fast Boat dari Pantai Sanur, yang ketiga naik cruise dari Pelabuhan Benoa, dan yang keempat naik odong-odong (#plakkkk). Sebenernya kalo boleh mengkhayal sih saya maunya naik cruise tapi setelah ngeliat isi dompet saya cuma bisa garuk-garuk bokong. Yo weslah, naik fast boat aja jadinya.

Saya beli tiketnya on the spot sama kayak waktu ke Nusa Penida. Lagi-lagi saya datengnya pas hari raya Agama Hindu. Emang dasar saya orangnya ga pernah kapok padahal dulu waktu ke Nusa Penida hampir ga jadi berangkat gara-gara ada hari raya Saraswati dan hampir semua fast boat full. Saya sih udah pasrah aja kalo emang ga dapet tiket mungkin saya akan pake pelampung ke sana.

Di luar dugaan, saya dapat tiket dengan mudahnya. Baru jalan dikit udah ketemu loket fast boat. Harganya sekitar 85 ribu one way (wauuuuuw, padahal yang saya baca di blog harganya mahal-mahal). Langsung deh saya beli PP sekalian. Biasanya fast boat dari Sanur akan menuju ke Pantai Mushroom atau Jungut Batu. Fast boat yang saya naiki menurut mitos akan menuju ke Pantai Mushroom.

Skip skip skip. Boat berangkat sekitar pukul 09.30. Setelah melewati terjangan badai dan ombak kehidupan selama 40 menit (halah), sampailah di Pantai Mushroom. Lagi-lagi sinyal 4G saya tidak berdaya dan berkutik di sini, huhuhu. Saya berjalan asal lurus aja karna emang ga tau hostel saya di mana.

Nyasar gak ?? Ya jelas lah.... Untungnya setelah bertanya sana sini ada orang yang berbaik hati nganterin saya ke hostel dengan motornya. Saya tiba di hostel dalam keadaan basah kuyup (bukan... bukan karna mandi di pantai, tapi keringetan saking lamanya muter-muter waktu jalan kaki nyari alamat tadi). Di hostel saya istirahat dulu bentar di luar (karna belum waktunya Check in). Setengah jam kemudian baru cus keluar lagi.

Saya mengeksplore seluruh Pulau Nusa Ceningan dan Lembongan dengan berjalan kaki. What ?? Ga capek emang ? Halah, udah biasa sih jalan kaki ke mana-mana. Jugaan kedua pula ini ga segede Nusa Penida yang pernah bikin saya hampir melambaikan kolor saking ga kuat sama medannya. Lalu ke mana saja saya selama di Nusa Ceningan dan Lembongan ? Cekidot.....

1. Pantai Mushroom / Mushroom Bay

Ga usah ditanya lagi ye kenapa saya ke sini ? Ini adalah pantai tempat hati eh boat saya berlabuh. Kalo mau balik ke Sanur juga berangkatnya dari sini atau dari Pantai Jungut Batu. Entah kenapa saya suka banget sama nama pantainya (kayak ada manis – manisnya gitu).

2. Pantai Mimpi / Dream Beach

Jaraknya deket banget sama hostel tempat saya menginap tapi tetep aja saya nyasar dan sampe dianterin pake motor sama orang yang lewat (tepok jidat dulu). Baru asyik – asyikan main ayunan tau-tau hujan deras terus saya berteduh ke sebuah restoran (tapi ga beli makan) sampe dipelototin sama pegawainya (huhu, ampura bli).

3. Devil’s Tear

Lokasinya bersebelahan dengan Dream Beach. Di sini terdapat tebing-tebing karang yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia dan ada gelombang ombak yang memecah karang itu sampai airnya muncrat ke atas (Jadi hati-hati ye kalo ga mau kena jackpot ?). Di sini saya kenalan sama 3 bule cantik dan ditraktir makan bareng di restoran. Restoran mana ? Yang tadi tentunya. Wakakak. Ketemu lagi deh sama doi (tapi kali ini saya ga dipelototin lagi, malah disenyumin lo, wkwk).

4. Goa Gala-Gala

Lokasinya juga deket dari hostel. Harga tiket masuknya 10 ribu (padahal yang saya baca di blog 20 ribu). Goanya ga terlalu luas. Mana cuma saya sendiri lagi di dalam. Yo weslah muter-muter sendiri aja sampe mampus.

5. Sunday Beach

Kebetulan lewat sih soalnya searah juga ke Nusa Ceningan. Mampir bentar sambil selfie terus jalan lagi, wkwk....

6. Yellow Bridge

Ini adalah jembatan yang menghubungkan Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Wajib ke sini deh kalo ke Nusa Lembongan.

7. Blue Lagoon Nusa Ceningan

Letaknya ada di ujung Nusa Ceningan. Di sini saya duduk manis sambil menggalau. Iya,, menggalaukan kamu... (#plakk)

8. Sunset Beach

Saya ke sini besok paginya. Ga bisa lama-lama juga karna harus balik ke Sanur, huhuhu.

Total pengeluaran :

1. Fast Boat PP = 170 ribu

2. Hostel = 148 ribu

3. Air 1,5 Liter = 5 ribu

4. Tiket Masuk Goa Gala – Gala = 10 ribu

Jadi total pengeluaran = 333 ribu. Ga terlalu mahal kan ? Lah terus makannya gimana ? Huhu, di Dream beach saya ditraktir sarapan di restoran sama bule-bule cantik, malamnya saya dikasi makan gratis di rumahnya pemilik hostel karna warung makan pada tutup katanya karna hari raya (beruntung banget ye ?), terus besok paginya juga sarapan gratis karna harga menginap di hostel per malam udah termasuk free breakfast. Jadi saya ga ada ngeluarin uang buat makan sepeserpun (yayyyy)....

Nb : Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata yang bisa dikunjungi seperti Bukit Panorama, Cliff Jump Point Nusa Ceningan, Wisata Mangrove, dan lain-lain tapi karna saya cuma punya waktu libur sebentar aja jadi cuma bisa tinggal 1 setengah hari aja di sini. Ah,, coba saya punya waktu lebih lama.........

No comments:

Post a Comment