Pages

Sunday, January 28, 2018

Tips Melewati Border Thailand - Kamboja

Auououoooo, kali ini saya mau share tentang proses imigrasi di border Thailand – Kamboja. Ya, banyak banget blog-blog yang menceritakan tentang betapa seram, horor dan mencekamnya tempat ini, apalagi kalo lewat jalur ngeteng gonta-ganti moda transportasi kayak saya. Saya yang penasaran akhirnya mencoba dan ternyata biasa aja sih, malah lebih sereman dihantui bayang-bayang mantan, #gubrak.....

Berikut tips dari saya saat melewati border ini :

1. Jangan menanggapi = Begitu sampe di poipet dan turun dari tuktuk ada begitu banyak orang yang mengerumuni kita menawarkan ini dan itu. Abaikan saja. Pura – pura ga ngeh aja. Saya sendiri berlagak kayak orang bego dan cuma geleng-geleng kayak Tina Toon walaupun ditanya pake Bahasa inggris, Bahasa thai atau Bahasa tarzan sekalipun. Kalo mereka mau minta tanda tangan dan foto bareng mah pasti saya kasi, wkwk.

2. Say no to visa = masih banyak aja orang yang sering ketipu dengan ini. Pemegang paspor Indonesia ga perlu visa ke Kamboja. Saya sendiri berkali-kali ditawarin pembuatan visa dan diikutin terus karna saya kesel akhirnya saya teriak “I’M FROM INDONESIA, GO AWAY !!!!”. Seketika mereka diam dan terpana melihat saya lalu bubar. Belum tau kalo orang ganteng lagi kesel ya ?

3. Jangan terlihat bingung = Pede aja, jangan kelihatan seperti makhluk yang tersesat dan tak tau jalan pulang. Semakin kita terlihat bingung maka semakin mudah jadi sasaran empuk para scammer. Pernah ada kejadian ada orang yang bingung terus nanya ke orang sekitar dan malah dibawa ke tempat imigrasi yang palsu dan disuruh bayar sekian ribu baht. Ada juga yang dikasi tahu jalan tapi ketika udah sampe malah dimintain uang tip sebagai balas jasa. Wedeeew, untung saya ga ngalamin yang begituan.

4. Ikuti traveler yang lain = Untungnya saya udah punya geng yang namanya lima kucing garong yang dibentuk di Aranyaprathet sebelumnya. Selengkapnya baca di sini. Mereka berasal dari Peru, Australi, dan sisanya dari Yu-es. Jadi saya selalu ngikutin mereka biar ga nyasar, wkwk. Ikuti aja arus dari traveler yang lainnya dan masuk ke palang yang ada tulisannya “Passport Control”.

5. Hati-hati dengan barang bawaan = Ada begitu banyak copet di sini, tetep waspada dengan barang bawaan. Saya sendiri terus-terusan megang hati saya biar ga dicopet (halah).

6. Sediakan uang 100 Baht = Proses di border Thailand sih mulus-mulus aja semulus paha personil Cherry B*ll*,, tapi begitu sampe imigrasi kamboja saya disuruh bayar 100 Baht. Ini ga bener sih sebenarnya tapi ya udah saya relain aja tu duit karna males ribut juga. Anggap aja itu sedekah untuk fakir miskin dan anak-anak terlantar. Toh ada yang lebih parah dari saya dan harus bayar 30 USD karna katanya sebagai cap stempel pertama di Kamboja (omong kosong macam apa itu ?).

Apalagi ya ? Ah masih banyak sih tips yang lain. Intinya sih ga perlu takut yang berlebihan. Kalo ga dicoba ga pernah tau kan seperti apa ? Bisa jadi pengalaman orang yang satu berbeda dengan yang lain. Saya sendiri bersyukur akhirnya bisa melewati border ini dengan selamat.

Nb : Bagi yang mau aman dan sentosa bisa naik bus kok dari Bangkok ke Kamboja. Tinggal duduk manis ucluk ucluk ucluk langsung nyampe deh..... Lebih aman dan ga berisiko pastinya. Emang pada dasarnya saya yang aneh kali ya milih jalur yang ribet dan kurang aman ?? Yo weslah....

No comments:

Post a Comment