Pages

Sunday, January 28, 2018

Naik Kereta Kelas Kambing ke Aranyaphratet

Auououoooo, mau share nih pengalaman saya naik kereta kelas kambing dari Bangkok ke Aranyaprathet (kota di Thailand yang berbatasan dengan kamboja). Yups, bagi temen – temen yang ingin kabur dari hiruk – pikuknya kota Bangkok dan bayang – bayang masa lalu atau mau sekalian ke Kamboja bisa menggunakan moda transportasi ini.

Harganya murah meriah euyyy, cuma 48 baht doang (sekitar 20 ribu). Dan harganya ga pernah berubah dari dulu (iya, seperti cintaku padamu, halah). Kereta ini berangkat dua kali sehari dari stasiun Hua Lampong, jam 05.55 pagi dan jam 13.05 dengan lama perjalanan sekitar 6 – 7 jam. Tiket dibeli on the spot di stasiun. Bilang aja mau ke Aranyaprathet pasti tau kok petugasnya.

Rasanya gimana ? Excited banget lah wong seumur – umur walaupun saya pernah tinggal di Jawa 3 tahunan tapi ga pernah naik kereta api eh sekalinya naik kereta malah di Malaysia (itupun LRT) dan kali ini baru pertama naik kereta api untuk jarak jauh. Tempat duduknya disusun berhadap – hadapan jadi kalo beruntung ya bisa bertatapan sama cewek cantik (asal jangan cewek KW aja, wkwk).

Sialnya boro-boro berhadapan sama cewek cantik, justru yang duduk di depan saya malah nenek-nenek ompong yang berkali-kali ngajakin saya ngomong Bahasa Thai padahal saya udah berkali-kali bilang “ora mudeng, ora mudeng”. Belum lagi yang duduk di sebelah saya abang Thailand yang bauuuuknya ga ketulungan. Apalagi kalo dia udah mulai buka mulut dan ngomong, wedeeew, jangan ditanya dah. Mana jendela di tempat duduk saya rusak dan ga bisa dibuka lagi.

Karena saya naik kereta yang pagi,,sekitar jam setengah 1 siang kereta ini sampe di Aran. Ga usah takut nyasar karna ini stasiun yang paling terakhir. Begitu sampe Aran saya langsung sok akrab ngajak kenalan dan nimbrung sama bule – bule biar bisa share cost naik tuktuk ke Poipet (border Thailand – kamboja). Yayyy akhirnya terbentuklah grup lima kucing garong. Kami berlima naik tuktuk dengan cukup membayar 30 Baht per orang. Karna penuh saya terpaksa duduk di tempat yang kecil banget di depan samping pak supir. Saking sueeempitnya kalo saya gerak sedikit aja dan ga pegangan udah nyemplung dah tuh ke aspal apalagi pak supir ngebut banget. weeeeew.

Note : Bagi yang ingin pergi ke Kamboja dari Thailand ada banyak moda transportasi umum yang bisa dipake mulai dari pesawat, bus, dan kereta api. Tinggal pilih. Kalo naik bus bedanya lebih praktis dan cepet (apalagi naik pesawat tapi harganya euyyy). Kalo naik kereta api harus gonta ganti moda transportasi berkali-kali tapi lebih seru dan menantang (terutama untuk yang mau ngirit seperti saya, wkwk). Jadi mau pilih yang mana ? Monggo....

1 comment: