Pages

Sunday, January 28, 2018

Itinerary & Pengeluaran selama 9 Hari 8 Malam di Thailand, Kamboja, Vietnam, dan Malaysia

Auououoooo, apa kabar semua ? Udah pada makan belum ? Pasti belum kan gara-gara belum bisa ngelupain saya ? (halah). Kali ini saya mau share pengalaman, pengeluaran, dan itinerary saya menjelajah empat negara (Thailand, Kamboja, Vietnam, dan Malaysia) dalam waktu 9 hari dari tanggal 24 Desember – 1 Januari kemarin (ciee ciee yang tahun baruan di luar negeri).

Sebelumnya, saya mau minta maaf karna postingan ini akan sangat panjang, lebar, dan tinggi. Jadi bagi yang ga suka dengan yang “panjang-panjang” dan gampang bosen mendingan jangan dibaca deh (kasian kan nanti matanya sakit).

Gimana rasanya travelling ke 4 negara dalam waktu sesingkat itu? Hmmm, berasa kayak es campur rasa nano-nano deh, manis, asem, asin, rame rasanyaaa (sambil nyanyi kayak di iklannya). Awalnya saya cuma berencana ke 3 negara saja dan ga ke Malaysia tapi kok ya harga tiket pesawat dari Ho Chi Minh ke Denpasar mahal banget (udah gitu transitnya lama pulak, males banget dah). Ya udah akhirnya saya tambahin lagi deh Malaysia ke list liburan saya karna tiket HCMC sampe KL + KL sampe Dps jauh lebih murah sekalian pengen jalan-jalan ke Melaka juga (siapa tahu dapet jodoh juga kan di sana ? Cihuyy).

Ya, kali ini saya solo traveling ngejomblo lagi. Temen-temen saya berprinsip mending uang itu dipake buat beli rumah atau makan – makan daripada buat jalan-jalan. Saya sih cuma bisa #jleb aja. Ga salah juga sih mereka, kalo uang buat beli tiket pesawat dipake beli kerupuk bisa dapet berapa coba ? (ayo coba dihitung, wkwk).

Jujur, agak deg-degan sih karena dari Thailand – Kamboja dan dari Kamboja – Vietnam saya akan melalui jalur darat dan denger-denger banyak banget ada scam dan copet (tapi untungnya ga ada mantan). Yah, tapi saya yakin aja semua pasti akan dimudahkan sama Tuhan asal niat kita baik dan ga macem-macem. Dan nyatanya saya berhasil sampe Indonesia dengan selamat kok, malah ketemu banyak orang-orang baik selama perjalanan.

Pengeluaran sebelum berangkat = Tiket Pesawat (Thai Lion Air) Denpasar – Bangkok = 902.296, Tiket Pesawat (Air Asia) Ho Chi Minh – KL = 748.636, Tiket Pesawat (Batik Air) KL – Denpasar = 498.469, Hostel di Bangkok dekat Chatuchack weekend market (1 hari) = 68.831, Hostel di Bangkok dekat Khaosan Road (1 hari) = 69.958, Hostel di Bangkok dekat Stasiun Hua Lampong (1 hari) = 82.992, Hostel di Siem Reap (1 hari) = 38.967, hostel di Ho Chi Minh (1 hari) = 64.373, hostel di KL (1 hari) = 68.321.............Jadi total pengeluaran sebelum berangkat = Rp 2.542.843

Sangu yang saya bawa = 2272 Baht, 147 USD, dan 500 ribu rupiah (saya udah deg deg ser aja takut sangu yang saya bawa ga cukup).

Pengeluaran dan itinerary selama traveling :

Day 1

- Naik gojek ke bandara = 23 ribu (masih pake rupiah ya ? wkwk)

- Naik bus A1 ke Mo Chit BTS station = 30 Baht (jangan takut, nanti bakal dikasi tau kok kalo udah sampe)

- Sampe Mo Chit (jam 7 malam) saya kesasar karna map offline saya ga tau di mana letak hostel. Bingunglah saya dan mondar-mondir cukup lama. Untungnya ada 3 malaikat dari Thailand yang baik hati dan bahkan mengantar saya sampai ke hostel walaupun mereka ga bisa Bahasa inggris (padahal jaraknya lumayan jauh dan mereka pake google map karna ga tau jalan juga). Pengen banget bisa meluk mereka dan cipika cipiki satu-satu tapi saya baru sadar......... mereka juga berkumis seperti saya, AWWW.

- Check in di Hostel (deposit 300 Baht, tapi besoknya dibalikin juga sih jadi ga saya hitung sebagai pengeluaran)

- Chatuchack Weekend Market

- Makan dan beli air di CWM = 60 Baht (saya makan sejenis kari ayam atau apaan gitu dan rasa bumbunya agak aneh dan ga banget buat saya, mungkin lidah saya yang ndeso kali ya)

- Tidur (walaupun cuma bisa tidur 2-3 jam setidaknya bisa tidur lah)

Total Pengeluaran hari pertama = Rp 23.000 dan 90 Baht

Day 2

- Check Out dari hostel

- BTS dari Saphan Kwai – Saphan Taksin = 44 Baht

- Chao Praya Express (yellow flag) ke Tha Cang Pier = 20 Baht

- Grand Palace dan Wat Phra Kaew (500 Baht)

- Wat Pho = 100 Baht

- Nyemil mangga (sekalian sarapan) = 20 Baht

- Nyeberang ke Tha Tien Pier = 4 Baht

- Wat Arun = 50 Baht

- Gantungan kunci = 200 baht ( dan saya dikasi bonus souvenir tambahan sama ibu penjual)

- Nyeberang balik ke dermaga sebelumnya = 4 Baht

- Chao Praya Express (Blue Flag) dari Tha Chang ke Asiatique = 50 Baht

- Nongkrong ga jelas di Asiatique

- Bus No 15 dari Asiatique ke Ratchadamnoen = 7 Baht (saya terjebak macet hampir 2 jam di jalan, fyuuuh, mana keneknya juga ga bisa bahasa inggris. Saya berkali-kali nanyain masih berapa lama ke Khaosan Road dan dia cuma menggunakan setengah Bahasa tarzan dan seperempat Bahasa dewa yang artinya saya disuruh sabar dan nanti dia akan memberi isyarat kalo sudah deket, hmmm, yo weslah, sak karepmu).

- Jalan kaki 5 menit dari Ratchadamnoen ke hostel

- Check in di hostel

- Jalan-jalan ke Khaosan Road (sangat dekat dari hostel)

- Makan Pad Thai = 50 Baht (ini baru enak banget rasanya . Gebleknya saya bayar pake duit 50 satang (koin), lah, mana saya tau, kirain uang 50 Baht ada bentuk koinnya gara-gara dapat susuk dari kenek bus. Setelah si ibu penjual melotot sambil ngasi liat uang kertas 50 baht baru deh saya ngeh dan saya langsung ganti, maafkan saya buk, wkwk).

- Air = 10 Baht

- (ceritanya) tidur, padahal sebenarnya ga bisa tidur gara-gara di kamar ada tamu dari Jepang dan korea yang ribut banget. Bayangin aja masak ada cewek dan cowok yang tidur dalam satu ranjang ? Ga bisa sewa kamar privat untuk berdua ya ? (mana si cewek korea cantik banget lagi, kenapa ga sama saya aja coba ?)

Total pengeluaran hari kedua = 1059 Baht

Day 3

- Jalan – jalan ke taman di sekitaran jalan Phra Artit (lupa namanya)

- Bus no 15 ke Siam = 7 Baht

- Siam Discovery (mampir ke Madam Tussauds tapi cuma foto-foto di depan aja, apa daya, ga punya duit, hiks)

- MBK

- Siam Center

- Siam Paragon (foto-foto di depan pameran Harry Potter, lagi-lagi ga bisa masuk)

- BTS dari Siam ke Sala Daeng = 23 Baht

- MRT ke Hua Lamphong = 19 Baht

- Lagi-lagi saya kesasar mencari jalan ke hostel, saya muter – muter hampir 2 jam dan selalu dapat petunjuk arah yang salah dari orang-orang. Dan di saat saya hampir menyerah datang lagi penolong yang (lagi-lagi) berbaik hati nganterin saya sampe ke depan hostel bahkan dia nyuruh anaknya bawa payung biar saya ga kehujanan (saluuut).

- Check in di hostel

- Makan bubur = 30 Baht

- MRT ke Silom = 19 Baht

- Lumpini Park

- Patpong Night Market (saya ga ngapa-ngapain kok di sini, percaya deh, bagian ini disensor aja ya, wkwk)

- Jalan kaki dari Patpong ke Hostel (sekitar 4 – 5 km) dan saya ga nyasar, yayyy... (karna pake map, wkwk)

- Mencoba tidur sebentar karna pagi jam 4 harus ke stasiun Hua Lampong, hasilnya ? Gagal total... Lagi-lagi saya ga bisa tidur. Aaaargh...

Total Pengeluaran hari ketiga = 111 Baht

Day 4

- Jam 4 pagi saya check out hostel langsung ke Stasiun Hua Lampong

- Kereta Ekonomi Bangkok – Aran = 48 Baht (berangkat jam 6 pagi perjalanan 6 jam)

- Cemilan di kereta = 30 Baht

- Tuktuk ke Poipet / perbatasan Thailand dan kamboja (sharing dengan 5 orang bule) = 30 Baht (saya duduk di depan samping supir, gimana saya ga deg-degan tempat duduk saya sempit banget udah gitu kalo ga pegangan ya bakal nyungsep deh nyium aspal mana si supir kenceng banget lagi ngejalanin tuk-tuknya)

- Proses imigrasi (saya berlindung di balik ketek para bule waktu melewati border supaya saya aman dan sentosa, sumpah deh suasananya mencekam banget, banyak banget scam-scam yang ada di sini dan kalo kita terlihat kayak orang bingung ya bakal kena sikat deh. Intinya pura-pura tenang aja)

- Bayar di imigrasi Kamboja = 100 Baht (ini namanya pungli, tapi ya udahlah)

- Shuttle bus gratis ke terminal poipet

- Mini Van ke Siem Reap = 10 USD (dan saya bareng rombongan bule-bule tadi)

- Snack di Banteay Meanchey = 40 Baht (padahal sudah di kamboja dan jauh dari perbatasan tapi masih harus bayar pake Baht)

- Mini van kami mogok di jalan. Akhirnya kami terdampar agak lama di daerah antah berantah dan akhirnya kami semua sepakat main bola. What ?? Ya, kami main lempar tangkap bola sambil nunggu mobilnya diservis. Kocak pokoknya....

- Tuktuk dari pemberhentian mini van di Siem Reap ke Hostel = 5 USD

- Check In di hostel

- Beli tiket bus ke HCMC untuk besok malemnya = 17 USD

- Makan nasi goreng = 2 USD

- minum Ice lemon tea = 0,75 USD (padahal saya pesennya ice milk tea, huhuhu)

- Siem Reap Art Center Night Market

- Angkor Night Market

- Pub Street

- Extend untuk setengah hari = 3 USD (saya bayar pake 12000 riel)

- Tidur, di hostel ini cuma ada saya sendiri di kamar dan gada tamu lain yang nginap. Wow, berasa nyewa kamar privat (apalagi harganya cuma 38 ribu rupiah per malam). Yups, saya bebas jungkir balik semau saya di kamar ini, wakakak.

Total pengeluaran hari keempat = 248 Baht + 37,75 USD

Day 5

- Charter Tuktuk seharian = 20 USD (awalnya harga yang ditawarin 40 USD.Tapi saya ga mau. Pokoknya harus 20 USD dan setelah turun jadi 36, 30, 27, 25, 23, dan saya masih ngotot akhirnya si supir nyerah. Kami deal di 20 USD. Yayyy, saya menang…

- Tiket Angkor Watt = 37 USD (harganya bikin saya pengen gantung diri, hffft)

- Melihat Sunrise di Angkor Watt

- Jelajah Angkor Watt (saya nyasar, supir saya ada di pintu A, saya malah ngubek-ngubek nyari dia di pintu B hampir setengah jam. Akhirnya saya baru ngeh kalo ada 2 pintu masuk dan keluar yang beda, halah)

- Bayon temple (kali ini aman)

- Takeo Temple

- Ta Promh Temple (kali ini saya masuk lewat pintu A dan supir saya menunggu di pintu B, eh saya malah keluarnya lewat pintu A, jadi saya harus muter-muter lagi, haduh, parah banget deh saya ini)

- balik ke hostel dan leyeh-leyeh

- Old Market

- Makan khmer loklak (makanan khas kamboja) = 2,5 USD

- Air 1,5 liter = 0,45 USD (saya bayar pake 2000 riel)

- Oleh-oleh = 5 USD

- Istirahat di hostel dan packing

- Check out dari hostel, dijemput bus

- Bus muter-muter ke hostel lain ngambil penumpang

- Ganti bus biasa ke Sleeper bus (woooow, mantap banget dah, saya langsung mencoba tidur dan asli nyaman banget, saya langsung ngorok, Grooook ).

Total pengeluaran hari kelima = 64,95 USD

Day 6

- Jam 2 dini hari bus kami berhenti dan digedor-gedor. Kami harus ganti bus dan taraaaaaa, kami dipindahkan ke sleeper bus lain yang sudah penuh, Kami terjebak di lorong sleeper bus yang sempiiiiit banget itu. Hffft, saya sih cuma bisa bersyukur aja, masih untung kami ga dibuang ke tengah laut atau dicemplungin ke kolam piranha. Saya dengan cueknya langsung duduk di lorong sambil maen angry bird sementara yang lain masih pada berdiri. Padahal untuk ke kota Phnompenh masih 150 km lagi. Akhirnya dua jam kemudian mereka yang berdiri itu pada nyerah dan ikut-ikutan duduk kayak saya. Lah, udah pegel ya mas / mbak ? wkwkwk.

- Jam 6 bus sampai di Phnompenh dan harus pindah bus lagi. Kami diantar tuktuk ke tempat pemberhentian bus yang mau ke HCMC

- Nunggu bus 1 jam dan bus berangkat jam 7 pagi. Lama perjalanan ke Border Kamboja- Vietnam = 3 jam, dan dari border ke Hcmc juga tiga jam.

- Proses imigrasi (lancar, sangat mulus, paspor kita diminta petugas dan tugas kami cuma nunggu nama kami dipanggil dan paspor sudah dicap, yayy, welcome to Vietnam)

- Jalan kaki dari pemberhentian bus di distrik 10 ke distrik 1/hostel (sekitar 6 km). Sumpah dah, nyeberang di HCMC itu emang perlu keterampilan tingkat tinggi dam perlu kursus mengemudi kaki, pengendara gada yang mau ngalah, harus penyeberang yang pinter-pinter nyuri hati eh kesempatan. Haduh, setiap mau nyeberang harus siap mental banget.

- Check In hostel (bayangkan, setelah jalan kaki 6 km, saya harus naik tangga ke kamar saya yang ada di lantai 6 karna gada lift, weeew, mantap dah)

- Makan nasi goreng = 35.000 dong (rasanya aneeeeh banget)

- Minum = 15.000 dong

- Bui Vien Walking Street

- Ben Than Market

- Duduk –duduk dan di samping saya ada nenek-nenek lagi jualan souvenir. Saya tiba-tiba ditawarin jajanan dari ketela (tentunya dengan Bahasa tarzan). Weeew, kayaknya muka saya emang muka memelas deh sampe dikira ga bisa beli makan (padahal emang ga bisa sih, hehe). Saya langsung makan dengan lahap. Itada kimasu…

- Ho Chi Minh City Hall

- Balik ke hostel dan tidur . Tidur saya kali ini nyenyak banget. Mungkin gara-gara kecapekan. Bagus deh. Grooook.

Total pengeluaran hari ke 6 = 50.000 Dong

Day 7
- Check Out dari Hostel, saya mengeksplore Hcmc dengan berjalan kaki tanpa pake kendaraan umum sama sekali (kemarin juga sih)

- Saigon Post Office

- Souvenir = 80.000 dong

- Notre dame Catedral (saya bertemu teman di sini, cewek dari Vietnam juga tapi dia tinggal di Hanoi. Dia nganterin saya ke Independent Palace karna saya ga tau jalan)

- Independent Palace (40.000 Dong), dia bilang mau nungguin saya di taman yang ada di seberang karna dia udah ke sini kemarin. Ternyata dia bener-bener nungguin saya loh padahal saya agak lama dan dia mau nemenin jalan-jalan. Apalagi si mbak ini cakep, weeew)

- susu = 15.000 dong

- People Commite Building

- Saigon City hall lagi

- Saigon Opera House

- Saigon River

- Dragon Whaaf (dibayarin tiketnya sama doi), bahkan saya juga dibeliin souvenir di suatu toko, waduh....

- cemilan sejenis kebab (dibayarin lagi)

- War Remnant Museum (dibayarin), dan kami berpisah di sini karna dia harus pulang ke rumah pamannya. (boleh minta peluk ga sih, hehe)

- Jalan kaki dari War Remnant Museum ke Bandara sekitar 7 km. Sebenarnya naik bus murah banget kok tapi toh saya lebih suka jalan kaki (padahal alasannya pengen ngirit, wkwk)

- Jus jeruk = 20.000 dong, ketika jus saya habis saya diberikan minuman lain (gratis)

- Makan (Mi Hoanh Thanh) = 40.000 dong. Saya dikasi minum air gratis juga di sini, airnya saya sengaja masukin botol air minum untuk bekal di bandara nanti eh malah gelas saya diisi air lagi tanpa saya minta. (banyak banget ya orang-orang baik yang saya temui ? )

- Leyeh – leyeh di bandara karena besoknya dinihari jam 2 pagi flight ke KL (sayangnya ga ada colokan buat ngecas hp, zzzzz)

Total pengeluaran hari ke 7 = 195.000 Dong

Day 8

- Flight ke KL jam 2 pagi

- Naik bus ke Melaka Sentral = 24,3 RM (tapi saya bayarnya pake 25 RM dan mereka ga punya kembalian, huhuhu)

- Bus Panorama No17 ke Bangunan merah = 2 RM

- Explore Melaka (ya, semua tempat wisata serba dekat di sini, saya aja sampe kaget karna jalan dikit udah ketemu tempat wisata lain, yang penting berhenti aja di bangunan merah, semua tempat wisata pada ngumpul di sini. Tempat untuk melupakan masa lalu juga ada)

- Beli Es krim = 1 RM

- Beli Milo (2 kali) = 5,2 RM (saya jatuh cinta banget sama Milo di sini)

- Toilet (2 kali) = 0,6 RM

- Cemilan (bakso) = 2 RM

- Bus no 17 ke Melaka Sentral = 2 RM

- Bus kembali ke KL (TBS) = 12 RM

- LRT ke Chan Show Lin = 2,7 RM

- LRT ke Plaza Rakyat = 1,6 RM

- MRT ke bukit bintang = 1,2 RM

- Check In

- Nasi goreng = 5 RM

- Jus wortel = 5 RM

- Tahun baruan di bukit bintang

Total pengeluaran hari ke 8 = 65,3 RM

Day 9

- Dini hari saya nyari air sambil jalan-jalan = 2,7 RM

- Tiduur (ini tidur ternyenyak saya selama perjalanan ini)

- Numpang pipis di Berjaya Time Square

- LRT ke pasar seni = 1,6 RM (saya kesasar lagi dan malah naik kereta ke KL sentral gara-gara nanya ke orang lokal dan dibilang saya udah naik kereta yang benar. Jadinya saya muter-muter dan ngabisin waktu sangat lama.)

- Charge LRT = sampe di stasiun, token saya ternyata ga valid. Weew, padahal yang salah bukan saya kok malah disuruh bayar 0,4 RM biar bisa keluar. Kacau dah.

- MRT ke KL sentral = 1,3 RM (dan saya belum check in untuk penerbangan saya ke Denpasar padahal batas waktunya tinggal 40 menit lagi. Wadaaaw)

- KLIA Ekspress ke bandara KLIA = 55 RM (Tuhan bener-bener baik sama saya, ternyata saat itu harga tiket KLIA transit ke bandara KLIA sama dengan naik KLIA express jadi saya langsung lari terkencing-kencing ke counter KLIA Express. Lagi-lagi dapet mujizat, ternyata kalo naik KLIA Express saya bisa check in di Batik Air saat itu juga. Saya bener-bener pengen nangis saat itu. Ya, lagi-lagi saya dimudahkan jalannya oleh Tuhan).

- Flight ke Denpasar (jam setengah 5 sore) =dapet makan dan minum euyy, plus ada entertainmentnya, berasa naik Full service airlines.

- Gojek ke kos = 22 ribu rupiah

Total pengeluaran hari kesembilan = 61 RM dan 22 ribu rupiah

Total pengeluaran saya selama di luar negeri di luar tiket pesawat + hostel setelah dihitung mencapai 2,6 juta rupiah, jika ditambah sama tiket pesawat + hostel total semuanya sekitar 5,1 juta rupiah untuk perjalanan ke 4 negara ini. Mahal banget kan ? Iya, saya aja sampe melotot setelah menghitung total yang telah saya keluarkan. Tapi bagi saya sebanding sih dengan pengalaman yang saya dapatkan.

Next mau ke mana lagi ? Entahlah. Nabung dulu aja (lagi bangkrut euyy). Yang jelas saya masih tetap bermimpi bisa ke yurop atau ke yu-es (entah itu kapan). Bolehlah, mumpung bermimpi itu ga bayar kan ? Sekali lagi saya ingin menyemangati teman-teman yang lain. Jangan takut mewujudkan mimpi kalian. Ga perlu takut traveling mau sendiri atau rame-rame. Ada banyak orang-orang baik di luar sana yang mau menolong kok seperti yang saya alamin. Saya yang hobi nyasar ini aja bisa survive kok sendirian dan kembali dengan selamat. Ga ada alasan untuk takut dan ragu-ragu kan ? So, ayok berangkat !!!

1 comment:

  1. Artikel kamu bagus gan! aku selalu menunggu artikel kamu.. Sebagus artikel ini https://peduliayam.com/2019/06/19/terbukti-inilah-manfaat-buah-tomat-untuk-ayam-laga/

    ReplyDelete