Pages

Saturday, March 3, 2018

Takut Nyasar

Auouououoouo. Kali ini mau share tentang pengalaman nyasar saat travelling. Bisa dibilang takut nyasar adalah salah satu alasan mengapa seseorang jadi ragu untuk travelling selain alasan klise seperti ga punya duit, ga ada temen, ga ada mama papa, dan lain-lain. Padahal zaman sekarang udah canggih banget. Udah ada google maps, gps, dan kawan-kawannya yang sangat memudahkan perjalanan kita.

Bahkan salah satu orang yang paling menginsirasi saya, Mbak Trinity yang mengarang buku “The Naked Traveler” mengaku kalo dirinya sangat disoriented, ga tau arah, ga bisa baca peta, dan sering nyasar. Tapi sampai saat ini dia sudah pergi ke lebih dari 80 negara. Mantap ga tuh ?

Kalo saya ?? Jangan ditanya lagi deh. Nyasar itu udah kayak makanan sehari-hari saya. Berdasarkan informasi yang udah saya ubek - ubek di internet sampe mampus sih katanya saya ini penderita disleksia, insomnia, patricia, sia – sia ato apalah itu namanya. Jadi saya sangat kesulitan untuk mengingat jalan. Bahkan saya pernah nyasar waktu mau berangkat ke tempat kerja padahal saya udah kerja hampir 2 tahun di tempat tersebut. Aneh kan ? Ya gitu deh.

Waktu ke Singapura saya turun di stasiun MRT Raffles Place (mau ketemu om Merlion ceritanya). Saya kaget dengan ritme jalan orangnya yang cepet banget kayak dikejar setan. Saya yang ga mau kalah ikut-ikutan jalan cepet dan asal lurus aja ngeduluin mereka. Lama saya jalan kok ga ketemu pintu keluarnya yang saya lihat malah orang-orang pake baju kantoran?? Ternyata saya nyasar dan akhirnya bolak balik belek sampai satu jam buat nyari pintu keluar yang ternyata ga jauh dari tempat saya turun dari MRT tadi... #tepokjidatdulu

Di Kuala Lumpur saya pernah nyasar gara-gara ngikutin map offline yang saya punya di hp. Saya jalan kaki dari hostel saya di Petaling ke Bukit Bintang terus lanjut mau ke Petronas. Kok dari tadi saya dibawa muter-muter sama mapnya ?? Saya nanya ke Satpam yang lagi jaga di suatu perkantoran............

Saya : “Permisi, mau tanya. Arah ke Petronas di mana ??”

Satpam : “Pe – tro ?” (kebingungan)

Saya : “Petronas twin tower.”

Satpam : “Pe - tro ? To - wer ?”

Auk ah gelap, akhirnya saya pamit dan ninggalin doi. Duh, bahkan orang sana bisa ga tau Petronas itu apaan. Dikira nama jajanan kali yeee. Karna setiap tanya ke orang arah yang dikasi selalu beda-beda akhirnya saya jalan pake insting aja. Eh nyasarnya malah jauh banget sampe ke arah menuju Putrajaya. Tapi untung akhirnya nemu juga setelah muter-muter ga jelas sampe baju saya basah banget kena keringat (ga perlu mandi lagi yeee).

Pengalaman nyasar yang agak ngeri-ngeri sedap waktu di Kamboja. Waktu naik mini van dari poipet ke Siem Reap saya diturunkan di suatu tempat antah berantah dan sepi banget. Katanya Siem Reap itu kawasan turis tapi kok kayak ga ada tanda-tanda keramaian ? Nanya alamat hostel ke orang-orang pada ga tau dan mereka juga gada yang bisa Bahasa inggris. Batere Hp saya low. Langit udah mulai gelap lagi. Saat lagi pasrah jalan ga tentu arah untung tiba-tiba ada tuk-tuk yang lewat dan saya langsung berhentiin. Beruntungnya lagi dia tahu tempat hostel saya menginap. Selamat deh saya akhirnya sampe tujuan.

Yang paling nyebelin itu waktu nyasar di Vietnam. Saya udah pasang alarm pengingat di otak saya. Pokoknya jalan lurus terus aja ga usah belok. Oke deh sip saya jalan-jalan bentar kan. Pas mau balik ke hostel saya udah ikut patokan yang saya buat pokoknya lurus terus nanti kalo ada tanda ini langsung belok. Eh tanda yang saya cari ga ketemu-ketemu padahal udah jalan lurus jauh banget sambil celingak celinguk. Duuuh, rasanya waktu itu pengen banget nelen batu saking kesel dan laper (untung ga jadi yee, wakakak).

Di Thailand saya pernah nyasar (lebih tepatnya menyasarkan diri) di Patpong Night Market (kawasan red light district di Bangkok). Mau nyari jalan pulang tapi ga nemu-nemu akhirnya istirahat dulu sambil duduk manja di sekitaran pasar malamnya. Tiba-tiba datang seekor bapak sekitaran umur 30 an menghampiri saya sambil membawa katalog berisi gambar wanita-wanita yang *gitu deh*.....

Bapak : “Bang, silakan dicoba nih. Kita lagi promo nih...”

Saya : “Ah, kagak deh. Makasih.”

Bapak : “Murah kok cuma 100 Baht doang.”

Ebuset,, mata saya langsung melek. Insting matematika saya langsung berpikir. 1 Baht kan 400 an rupiah dikali 100 jadinya 40 ribu (bener kan yeee ?). Anjayyy, murah banget yeee. Baru saya mau iseng nanya seseuatu tiba-tiba doi ngelanjutin.....

Bapak : “Khatoey (banci/transgender) kami di sini termasuk kualitas terbaik.......bla bla bla cuih cuih cuih.”

Bodo amat dah. Kata-kata doi selanjutnya ga saya dengerin lagi. Pantesan ye harganya bisa murah banget gitu. Saya langsung ngacir kabur sebelum kena rayuan-rayuan maut lagi.

Note : Zaman sekarang sudah canggih. Udah bukan saatnya lagi bilang takut nyasar ato segala macam. Saya sendiri yang orangnya aneh, susah nginget jalan, sering nyasar, bahkan ga pernah beli kartu internet di luar negeri masih bisa survive dan ga pernah kapok travelling kok. Jadi ga perlu takut nyasar lagi kan ?? Yuk berangkat.....

No comments:

Post a Comment