Pages

Friday, June 19, 2020

Hal-Hal yang Paling dikangenin Saat Traveling

Auouoououououuou, apa kabar kalian semua gaes ? Sudah naik berapa ons berat badannya gara-gara #dirumahaja ? wekekekkek. Sebelumnya perkenalkan ye nama saya Matias, kadang dipanggil Tom Kuruz, tapi lebih seringnya sih dipanggil Tom Yam. Nama panjang saya “Tom kosong nyaring bunyinya”. Kalo siang makan nasi, kalo malam ? Ya makan nasi juga sih (walaupun lebih seringan makan hati sebenernya, huhuhu).

Ayo coba hitung, sudah berapa kali teman-teman refund tiket pesawat di tahun ini? Mungkin sudah tidak terhitung ye gaes pembatalan rencana traveling kalian di tahun ini sejak negara api menyerang. Belum lagi refund yang kagak cair-cair dan malah ada yang ditolak juga. Tenang, kalian ga sendiri kok. Sakitnya itu loh, kayak status kita yang digantung sama gebetan, hiks. Ya semoga segalanya bisa kembali pulih yee (sama-sama katakan…. Amiiiin).

Kali ini Tom Kuruz mau sharing hal-hal yang paling dikangenin baik itu sebelum atau saat lagi traveling, mungkin persepsi satu orang dengan orang yang lain berbeda. Jadi ini semua sifatnya subjektif ye gaessss. So, apa sajakah itu ? Cekidot…

1. Membuat rencana perjalanan dan estimasi biaya pengeluaran

Saya tipe orangnya fleksibel. Kalau lagi males yo wes go show aja langsung, nanti mau apa di sana ya liat aja kondisinya nanti kayak gimana. Kalau lagi niat, beuhhh… Bisa sampe sedetail-detailnya deh nyusun semuanya mulai dari mau pergi ke mana aja, ke tempat ini naik apa, bayarnya berapa, berapa lama di sana, kalo naik odong-odong ke objek wisata A nyampenya kira-kira berapa abad. Rasanya seru sih kayak lagi nyusun puzzle ala-ala detektif gitu deh. Ayo kalian tipe yang yo wes go show wae atau yang terniat?

2. Packing

Dari dulu saya emang kagak pernah traveling bawa tas banyak-banyak atau koper segede gambreng. Alasannya satu, males ribet (alasan sebenernya sih karena ga kuat bayar bagasi, mueheehe). Biasanya begitu saya sampe di negara atau kota tujuan pasti saya langsung melipir ke tempat wisata tanpa ke penginapan dulu jadi biar kagak harus bolak balik belekan dan menghabiskan waktu. So saya cuma bawa satu tas ransel dan begitu sampai di bandara langsung cus cus cus meluncus (eh meluncur maksudnya) tanpa nungguin bagasi sambil dadah dadah ala miss universe sama mbak pramugari yang cakep.

Nah, yang paling seru dan ngangenin itu saat saya harus memilih barang apa saja yang perlu dibawa supaya tas ransel saya ini muat dan kagak lebih dari ukuran maksimal supaya bisa dibawa ke kabin. Jadilah keluar jurus capcipcup kembang kuncup kalau ada barang yang saya masih ragu mau dibawa atau kagak. Baju, celana, perlengkapan mandi, gadget dan printilannya udah pasti. Hal-hal lain yang bersifat tambahan kayak buku bacaan, lipstik (ehh), alat make up (buat mangkal malem-malem cyin), dan lain-lain dipikirin terakhir aje.

3. Naik bus, kereta api, pesawat, odong-odong, dan lain-lain

Saya pribadi tidak pernah ada masalah harus naik pesawat, bus, kereta api, kapal laut ataupun moda trasnsportasi lain sampai berjam-jam atau bahkan berhari-hari. Sensainya pasti berbeda-beda antara naik pesawat dengan naik bus, naik kereta api konvensional dengan kereta super cepat, naik tuktuk dengan gerobak. Ya, makanya sebisa mungkin kalau saya traveling begitu sampai di negara atau kota yang dituju saya akan mencoba berbagai macam moda transportasi yang ada kecuali kalo harganya kagak masuk akal macam taksi yeee gaes (jiwa missqueen saya hanya bisa meronta-ronta kalau naik itu mah, #hiks).

4. Ngemper di bandara, stasiun, terminal, pelabuhan dan lain-lain

Saya sudah pernah ngemper di tempat-tempat yang saya sebutkan di atas. Paling sering sih di bandara. Tahu sendiri kan kalo tiket promo itu jam keberangkatan atau kedatangannya kebanyakan di jam-jam yang kagak nyaman seperti penerbangan paling pagi atau paling malam.

Demi penghematan daripada harus keluar duit lagi di penginapan yang paling cuma buat dipake ngorok beberapa jam doang ataupun harus sewa taksi ke pusat kota karena moda transportasi yang murce udah kagak beroperasi lagi di tengah malam, saya memilih untuk ngemper aja di bandara sampai besok paginya. Yang pasti saya selalu menyiapkan senjata ampuh saya yaitu selimut untuk melawan dinginnya bandara, brrrrrrrr. Jangan khawatir, selama ngemper di bandara saya belum pernah diganggu sama nyamuk kok, jadi kagak perlu repot-repot pake lotion anti nyamuk apalagi bawa raket nyamuk segala yeeee. #salamngemper

5. Bobok di hostel

Namanya juga backpacker kere yeee gaes, saya selama ini memilih tidur di hostel yang dalam satu kamar beramai-ramai (dormitory) daripada harus tidur di kamar private demi menghemat budget. Banyak banget pengalaman seru di hostel yang ngangenin mulai dari terganggu malam-malam pas tidur gara-gara ada tamu yang malah asyik wikwik aselole di ranjang persis di bawah saya (saya tidur di ranjang atas) sampai ranjangnya berdecit kayak bunyi jangkrik lagi melahirkan (hadeeeuh, plis deh, ajak saya juga kali, #ehhhhh).

Pernah ada tamu yang mabuk-mabukan habis ngedugem seharian terus bikin rusuh di kamar, pernah juga dapat kamar yang penghuninya cuma saya doang padahal total ada enam ranjang jadi serasa kayak Raja Salman bisa guling-guling manjah sepuasnya ehhh tapi ternyata malemnya diganggu sama “something” (hiiiiiii), main game (kartu, playstation, dan lain-lain) sama tamu-tamu yang lain di hostel, party bareng dari malem sampe pagi, hang out bareng dan banyak lagi pengalaman seru lainnya.

6. Nyasar

Rata-rata kebanyakan traveler pasti pernah mengalami hal ini. Sebelumnya saya juga sudah pernah cerita di postingan saya yang dulu bahwa saya ini punya kelainan dalam menentukan dan mengingat arah (disleksia kah, insomnia kah, amnesia kah, patricia atau sia-sia kah namanya ? entahlah). Jadilah nyasar itu udah kayak camilan saya sehari-hari. Bahkan saya pernah nyasar waktu mau pulang dari beli makan kembali ke hostel padahal jalannya cuma luruuuuuss aja dan kagak ada belok sama sekali (dan saya nyasar sampai hamper satu jam mencari jejak, fyuuuh).

Waktu pertama kali main ke Suria KLCC di Kuala Lumpur saya nyasar karena ga nemu jalan keluarnya dan muter-muter lama banget sampe saya frustasi (padahal mallnya mah ga gede-gede amat). Di Bandara Changi saya pernah nyasar karena harusnya saya ke pintu keluar tapi malah masuknya ke bagian untuk transit (gubraaaaaak). Tapi pernah juga karena nyasar saya jadi kenalan sama cewek cantik dan kita akhirnya jalan bareng, tukeran nomor hp, nomor togel, dan timbullah benih-benih itu….. (benih-benih apa hayo?) Yang jelas walaupun sering banget nyasar, saya tetap kagak kapok untuk traveling dan justru saya kangen banget dengan sensasi nyasar dan get lost sewaktu traveling.

Selain poin-poin di atas pastinya masih banyak hal lain yang Tom Kuruz kangenin saat traveling misalnya nyobain makanan khas suatu negara atau daerah di lokasinya langsung, jalan kekong berkilo-kilo dan berjam-jam sampe mampus, ketemu sesama orang Indonesia ketika di luar negeri, minta tolong orang lain untuk fotoin kita karena pergi menjomblo eh sendiri (walaupun hasil fotonya sering yahhh gitu deh, wkwkwk), nongki manjah di tempat wisata sambil menikmati pemandangan, dan lain-lain.

Saat ini kita hanya bisa berdoa dan bersabar yeee gaes, semoga semua akan kembali seperti dulu lagi dan kita bisa angkat koper, tas, ataupun barbel(kalo mau) dan cussssssss berangkat lagi deh. Nah, kalo kalian apa aja nih hal-hal yang paling dikangenin saat lagi traveling ?

Note : Foto hanya pemanis, ini ceritanya foto bareng babang ajudan. Sebenarnya mah doi pengen ikutan senyum pepso*ent kayak saya, cuma dia pura-pura jaim aja yeeee gaes dan agak nervous karena foto bareng Tom Kuruz. Hayo, menurut kalian siapa yang lebih tamvan dan kece? wekekekkekekek.

No comments:

Post a Comment