Pages

Saturday, October 13, 2018

Belajar Bahasa Tarzan di Bangkok

Bangkok.......... Ah, berbicara tentang kota ini memang gada habisnya. Bangkok adalah salah satu kota yang selalu membuat saya tertarik untuk datang dan datang lagi (kayak ada magnetnya gitu deh, hehe). Bangkok memiliki moda transportasi yang sangat bervariasi mulai dari BTS, MRT, Kereta Api Konvensional, Tuk – Tuk, Chao Praya Express Boat, Bus, taksi, ojek dan lain – lain (kalo odong – odong ada gak ? Hmmm, entahlah). Kali ini saya mau bahas mengenai pengalaman saya waktu naik bus di Bangkok.

Jadi waktu itu saya habis ngiter – ngiter ga jelas di Asiatique The Riverfront (sumpah saya ga beli apa – apa, cuma bisa ngiler liat makanan enak – enak di sini, maklum dompet sudah sekarat, huhuhu). Berencanalah saya pergi ke hostel saya yang ada di kawasan Khaosan Road. Eiiiit, tunggguuuu. Saya mau naik apa ke sana ? Berdasarkan info yang saya baca, tidak ada BTS atau MRT yang melewati daerah Khaosan. Naik Chao Praya Boat ? Ga tau harus nunggu di mana. Taksi ?? Ahhh, lupakan ide gila itu. Emangnya nanti malam saya mau cuma makan batu dikecapin gara – gara kehabisan duit ?

Satu – satunya jalan adalah mengikuti saran dari blog yang pernah saya baca. Naik bus. Wadaaaw, terus ini di mana haltenya coba ? Berdasarkan info yang saya baca, ada bus yang melalui rute dari Asiatique ke Khaosan dengan harga yang sangat murah. Saya tanya semua orang mulai dari penjual bunga, anak sekolahan, sampai wanita penjaga toko pakaian yang seksi dan menggairahkan itu (entah dia beneran wanita atau bukan) tapi semuanya selalu menggeleng karena gada yang bisa bahasa inggris.

Oke akhirnya saya pake feeling aja. Jalan lurus terus, berharap ada halte. Ehhh, akhirnya nemu juga. Beberapa menit kemudian datanglah bus nomor 15 yang saya tunggu – tunggu. Naiklah saya.......

Kenek : “Cang men dai, kap kap kap, ciaat ciaaat u u a ak”......

Wadaaaaw, entah kenapa saya selalu dikira orang lokal sana dan selalu diajak ngomong bahasa Thai. Padahal muka saya gada Thailand – Thailandnya sama sekali, malah muka saya lebih cenderung mirip artis holiwud (halah). Akhirnya saya jawab dengan bahasa inggris.....

Saya : “Aduh, maaf, saya bukan orang Thailand. Apakah bus ini melewati Khaosan Road ?”

Ting tong. Doi bengong untuk waktu yang cukup lama. Entah doi masih ga percaya kalo saya ini bukan orang asli Thailand atau doi memang ga ngerti saya ngomong apa.

Saya : “Halo ?”

Kenek : “Ahhhh, yes yes yes (mengangguk dengan tampang tidak meyakinkan).”

Saya : “Berapa ?”

Kenek : “7 Baht.”

Weeeew, serius lu ? Murah amat yeee, kagak nyampe empat ribu rupiah. Akhirnya bus pun berjalan. Saya melirik penumpang – penumpang yang lain, waduuuh, kok isinya orang lokal semua. Saya pikir akan ada banyak bule yang naik bus ini dan punya tujuan yang sama kayak saya karna Khaosan Road memang kawasan untuk turis. Terus nanti gimana caranya saya tahu kalo saya sudah sampe ? HP saya juga masih dicas dan tidak bisa dipake kalo belum full.

Dan sampe satu jam lebih, ga ada tanda – tanda apapun dari si kenek. Mana jalanan macet pulak. Ini doi beneran ngerti omongan saya kagak sih ? Saya tanya lagi ke doi.....

Saya : “Maaf, saya mau tanya lagi. Masih seberapa jauh dari sini ke Khaosan Road ?”

Kenek : “Kap kap kap..... (menggeleng ga jelas), sawadikap trung pai trung tung tung tung tung aselole.” (sambil memperagakan dan menggunakan bahasa tubuh yang ga jelas banget)

Astaga, apa itu artinya ? Jangan – jangan doi emang bener – bener ga ngerti maksud saya. Terus saya bakal diturunin di mana ini ? Duuuh, saya cuma bisa pasrah sambil melihat jalanan. Sudah malam pulak ini. Hffffft, akhirnya beberapa lama kemudian bus berhenti di suatu jalanan dan saya disuruh turun oleh kenek dengan menggunakan bahasa isyaratnya.

Kenek : “Emmm (menunjuk saya untuk beberapa lama), emmmm (menunjuk jalanan di luar).”

Saya : “Emmm emmm emmm emmm.” (sambil ngangguk - ngangguk karna bingung harus pakai bahasa apa lagi)

Awalnya saya bingung diturunkan di mana karena saya diturunkan di jalan sepi yang sama sekali gada rame – ramenya (bukannya Khaosan Road itu kawasan turis ?). Tapi setelah saya mengecek map offline ternyata saya berada di Ratchadamnoen Road, ga terlalu jauh dari Khaosan Road, hanya perlu jalan kaki 5 – 10 menit. Hffft, dan akhirnya sampe juga di hostel.

Note : Jadi bagi yang mau ke Bangkok bisa mencoba naik bus untuk berkeliling kota. Kalo beruntung bisa kayak saya, ketemu sama kenek yang ga bisa bahasa inggris, jadi bisa menambah skill bahasa tarzan, bahasa planet dan bahasa kalbu (lumayan kan bisa belajar tiga bahasa, hahaha). Harganya juga murah meriah dan lumayan untuk menghemat budget. Tinggal sesuaikan aja tujuan kita dengan nomor bus yang ada. Selamat mencoba !

No comments:

Post a Comment